Intrakurikuler

Pembelajaran di SD Negeri Ciora dilaksanakan dengan pendekatan mata pelajaran.

  1. Pengorganisasian Pembelajaran SD Negeri Ciora Fase A (Kelas I dan II)

    Alokasi waktu kelas I selama satu tahun ajaran adalah 1.152 jam pelajaran dengan rincian 900 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 252 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila. Selama 1 tahun terdapat 36 minggu efektif. Alokasi waktu setiap minggu adalah 25 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 7 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila

Keterangan:
*) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran sesuai dengan agama yang dianutnya
**) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran
***) Mulok wajib sesuai Peraturan Gubernur DIY Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Mata Pelajaran Bahasa Jawa sebagai Mata Pelajaran Wajib

  1. Pengorganisasian Pembelajaran SD Negeri Ciora Fase A Kelas I dan II

    Alokasi waktu kelas II selama satu tahun ajaran adalah 1.224 jam pelajaran dengan rincian 972 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 252 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila. Selama 1 tahun terdapat 36 minggu efektif. Alokasi waktu setiap minggu adalah 27 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 7 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila

Keterangan:
*) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran sesuai dengan agama yang dianutnya
**) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran
***) Mulok wajib sesuai Peraturan Gubernur DIY Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Mata Pelajaran Bahasa Jawa sebagai Mata Pelajaran Wajib

  1. Pengorganisasian Pembelajaran SD Negeri Ciora I Fase B Kelas III dan IV

    Alokasi waktu kelas IV selama satu tahun ajaran adalah 1.368 jam pelajaran dengan rincian 1.116 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 252 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila. Selama 1 tahun terdapat 36 minggu efektif. Alokasi waktu setiap minggu adalah 31 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 7 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila

Keterangan:
*) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran sesuai dengan agama yang dianutnya
**) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran
***) Mulok wajib sesuai Peraturan Gubernur DIY Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Mata Pelajaran

Bahasa Jawa sebagai Mata Pelajaran Wajib

  1. Pengorganisasian Pembelajaran SD Negeri Ciora Fase C Kelas V dan VI

    Alokasi waktu pembelajaran kelas V selama satu tahun ajaran adalah 1.368 jam pelajaran dengan rincian 1.116 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 252 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila. Selama 1 tahun terdapat 36 minggu efektif. Alokasi waktu setiap minggu adalah 31 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 7 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila

Keterangan:
*) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran sesuai dengan agama yang dianutnya
**) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran
***) Mulok wajib sesuai Peraturan Gubernur DIY Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Mata Pelajaran Bahasa Jawa sebagai Mata Pelajaran Wajib

Berdasarkan kondisi riil peserta didik SD Negeri Ciora yaitu terdiri dari penganut agama Islam, maka sekolah menyediakan pemenuhan pendidik Pendidikan Agama dan Budi Pekerti sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Guna memberikan pelayanan sesuai minat peserta didik dalam mata pelajaran Seni dan Budaya, maka SD Negeri Ciora menyediakan pilihan mata pelajaran Seni Musik, Seni Rupa, dan Seni Tari. Pembelajaran Seni dan Budaya dijadwalkan pada hari dan jam yang sama pada setiap tingkat kelas. Pendidik berkolaborasi untuk mengajar mata pelajaran Seni dan Budaya

  1. Jadwal Pelajaran

    Pembelajaran intrakurikuler di SD N Ciora yang menggunakan pendekatan mata pelajaran yaitu setiap mata pelajaran memiliki alokasi waktu yang sama di SDN Ciora. Jadwal pembelajaran intrakurikuler dapat disampaikan sebagai berikut:

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Berdasar evaluasi pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila pada tahun ajaran sebelumnya, SD Ciora saat ini berada dalam tahap Berkembang. Sebagian besar pendidik telah terbiasa melaksanakan pembelajaran berbasis projek sehingga sekolah mampu memfasilitasi projek penguatan profil pelajar Pancasila lintas mata pelajaran. Sekolah telah memiliki sistem pendukung pembelajaran berbasis projek meliputi evaluasi berkala oleh Kepala Sekolah dan Tim Fasilitasi Projek, serta memberikan keleluasaan pada peserta didik untuk mengaktualisasikan diri sesuai dengan tema projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dipilih. Selain itu, sekolah juga melibatkan mitra dalam pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Sekolah juga menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila, meliputi ketersediaan sumber belajar dari perpustakaan sekolah serta jaringan internet dan perangkat komputer untuk mengakses sumber belajar.

Guna mewujudkan visi dan misi sekolah, mensukseskan Gerakan Nasional Revolusi Mental, serta penguatan pendidikan karakter, SD Negeri Ciora menetapkan fokus dimensi profil Pelajar Pancasila yang akan dikembangkan yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis, dan kreatif. Sekolah menyajikan pilihan tema yang relevan dengan fokus dimensi yang telah ditetapkan. Pendidik memfasilitasi pelaksanaan projek secara kolaboratif melalui kegiatan pendampingan dan evaluasi secara berkala.

Penyediaan tema pilihan didasarkan pada fokus dimensi yang akan dikembangkan, kondisi lingkungan sekolah, dan lingkungan peserta didik. Letak SD Negeri Ciora yang berada di lingkungan perkantoran, pasar, rumah sakit menjadikan banyaknya inspirasi sumber isu yang dapat diangkat dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila. SD Negeri Ciora menetapkan 5 tema untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila di tahun ajaran 2024/2025 yaitu “Gaya Hidup Berkelanjutan”, “Bhinneka Tunggal Ika”, “Bangunlah Jiwa Raganya”, “Kewirausahaan”, dan “Kearifan Lokal”. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang secarareguler, yaitu mengalokasikan pelaksanaan projek di hari Kamis dan Jumat setiap minggunya.

Satuan pendidikan menentukan pilihan tema untuk setiap kelas. Melalui forum diskusi pada saat IHT, pendidik melakukan penggalian topik-topik yang relevan pada setiap tema. Pilihan topik setiap tema dimaksudkan untuk memfasilitasi minat peserta didik dan diferensiasi produk projek. Peserta didik memilih 1 fokus topik yang diminati.

Alokasi waktu untuk pencapaian dimensi projek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas I sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:

Projek Profil 1Projek Profil 2
DimensiBeriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Bernalar Kritis, Kreatif
Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Bernalar Kritis, Kreatif
TemaGaya Hidup BerkelanjutanKearifan Lokal
Alokasi Waktu126 JP (18 minggu)126 JP (18 minggu)

Alokasi waktu untuk pencapaian dimensi projek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas II sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:

Projek Profil 1Projek Profil 2
DimensiBeriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Bernalar Kritis, Kreatif
Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Bernalar Kritis, Kreatif
TemaGaya Hidup BerkelanjutanBhineka tunggal Ika
Alokasi Waktu126 JP (18 minggu)126 JP (18 minggu)

Alokasi waktu untuk pencapaian dimensi projek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas III sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:

Projek Profil 1Projek Profil 2
DimensiBeriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Bernalar Kritis, Kreatif
Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Bernalar Kritis, Kreatif
TemaGaya Hidup BerkelanjutanBhineka tunggal Ika
Alokasi Waktu126 JP (18 minggu)126 JP (18 minggu)

Alokasi waktu untuk pencapaian dimensi projek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas IV sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:

Projek Profil 1Projek Profil 2
DimensiBeriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Bernalar Kritis, Kreatif
Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Bernalar Kritis, Kreatif
TemaGaya Hidup BerkelanjutanBhineka tunggal Ika
Alokasi Waktu126 JP (18 minggu)126 JP (18 minggu)

Alokasi waktu untuk pencapaian dimensi projek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas V sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:

Projek Profil 1Projek Profil 2
DimensiBeriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Bernalar Kritis, Kreatif
Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Bernalar Kritis, Kreatif
TemaGaya Hidup BerkelanjutanBhineka tunggal Ika
Alokasi Waktu126 JP (18 minggu)126 JP (18 minggu)

Alokasi waktu untuk pencapaian dimensi projek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas VI sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:

Projek Profil 1Projek Profil 2
DimensiBeriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Bernalar Kritis, Kreatif
Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Bernalar Kritis, Kreatif
TemaGaya Hidup BerkelanjutanBhineka tunggal Ika
Alokasi Waktu126 JP (18 minggu)126 JP (18 minggu)

Ekstrakurikuler

Pendidikan Kepramukaan

Model Blok
TujuanPembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia peserta didik.
MateriPendidikan Kepramukaan; Pendidikan Karakter; Pengenalan Lingkungan Sekolah; Materi Pelajaran
SifatWajib
PesertaPeserta didik kelas I-VI
Pelaksanaan1 kali per tahun
Model Aktualisasi
TujuanPenguatan sikap, penguasaan materi, dan keterampilan yang berkaitan dengan materi pembelajaran intrakurikuler
MateriMateri pelajaran
SifatWajib
PesertaPeserta didik kelas I-VI
PelaksanaanRutin 2 JP per minggu
Model Reguler
TujuanPembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai nilai kepramukaan
MateriPendidikan Kepramukaan; Pendidikan Karakter; Keterampilan Kepramukaan
SifatPilihan
PesertaPeserta didik kelas I-VI
PelaksanaanRutin 2 JP per minggu

Keterangan:

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Keagamaan

Baca Tulis Al’Quran dan Tahfidz
TujuanPeserta didik mampu membaca, menulis, dan mengimplementasikan Al’Quran dalam kegiatan ibadah sehari-hari
MateriMembaca dan Menulis Iqro’ dan AlQuran, Kaligrafi, Menghafal Surat Pendek dan Doa Harian, Praktik Ibadah (Wudu dan Salat)
SifatWajib
PesertaPeserta didik kelas I-VI yang beragama Islam
PelaksanaanRutin per minggu

Pleton Inti (Tonti)

TujuanPeserta didik memiliki sikap disiplin serta kepribadian kuat
MateriBaris berbaris, pengembangan sikap disiplin dan kepribadian
SifatPilihan
PesertaPeserta didik kelas IV-VI
PelaksanaanRutin per minggu

Klub Olahraga (SPORT Club)

TujuanPeserta didik memiliki kebugaran jasmani, sportifitas, dan kecakapan hidup serta berprestasi olahraga
MateriAtletik, tenis lapangan, tenis meja, bola volly, bridge, renang, pencak silat, catur, dan karate
SifatPilihan
PesertaPeserta didik kelas I-VI
PelaksanaanRutin per minggu

English Club

TujuanPeserta didik memahami tata bahasa Bahasa Inggris secara aktif dan berkomunikasi secara aktif
MateriPerkenalan diri sendiri, dialog, pidato/presentasi, menulis, membaca, dan mendengarkan
SifatPilihan
PesertaPeserta didik kelas I-VI
PelaksanaanRutin per minggu

Olimpiade Matematika

TujuanPeserta didik mampu menguasai konsep Matematika
MateriKonsep Matematika, Pemahaman dan strategi pemecahan masalah Matematika, Keterampilan pengerjaan soal olimpiade Matematika
SifatPilihan
PesertaPeserta didik kelas I-VI
PelaksanaanRutin per minggu

Olimpiade IPA

TujuanPeserta didik mampu menguasai konsep IPA
MateriKonsep IPA, Pemahaman dan strategi pemecahan masalah IPA, Keterampilan pengerjaan soal olimpiade IPA
SifatPilihan
PesertaPeserta didik kelas I-VI
PelaksanaanRutin per minggu

Dokter Kecil, dan UKS

TujuanMeningkatkan pengetahuan dan membentuk perilaku warga sekolah yang sehat
MateriPendidikan Kesehatan , Pengukuran tinggi dan berat badan, P3K, Penyuluhan Kebersihan Lingkungan
SifatPilihan
PesertaPeserta didik kelas I-VI
PelaksanaanRutin per minggu

Literasi

TujuanPeserta didik menguasai kemampuan literasi dasar dan menghasilkan karya literasi
MateriCerita pendek, puisi, dan cerita bergambar
SifatPilihan
PesertaPeserta didik kelas I-VI
PelaksanaanRutin per minggu