
Kurikulum
Pengorganisasian pembelajaran tahun ajaran 2024/2025 berlaku untuk kelas I sampai kelas VI sebagai pelaksana Kurikulum Satuan Pendidikan
Intrakurikuler
Pembelajaran di SD Negeri Ciora dilaksanakan dengan pendekatan mata pelajaran.
- Pengorganisasian Pembelajaran SD Negeri Ciora Fase A (Kelas I dan II)
Alokasi waktu kelas I selama satu tahun ajaran adalah 1.152 jam pelajaran dengan rincian 900 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 252 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila. Selama 1 tahun terdapat 36 minggu efektif. Alokasi waktu setiap minggu adalah 25 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 7 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila

Keterangan:
*) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran sesuai dengan agama yang dianutnya
**) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran
***) Mulok wajib sesuai Peraturan Gubernur DIY Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Mata Pelajaran Bahasa Jawa sebagai Mata Pelajaran Wajib
- Pengorganisasian Pembelajaran SD Negeri Ciora Fase A Kelas I dan II
Alokasi waktu kelas II selama satu tahun ajaran adalah 1.224 jam pelajaran dengan rincian 972 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 252 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila. Selama 1 tahun terdapat 36 minggu efektif. Alokasi waktu setiap minggu adalah 27 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 7 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila

Keterangan:
*) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran sesuai dengan agama yang dianutnya
**) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran
***) Mulok wajib sesuai Peraturan Gubernur DIY Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Mata Pelajaran Bahasa Jawa sebagai Mata Pelajaran Wajib
- Pengorganisasian Pembelajaran SD Negeri Ciora I Fase B Kelas III dan IV
Alokasi waktu kelas IV selama satu tahun ajaran adalah 1.368 jam pelajaran dengan rincian 1.116 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 252 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila. Selama 1 tahun terdapat 36 minggu efektif. Alokasi waktu setiap minggu adalah 31 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 7 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila

Keterangan:
*) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran sesuai dengan agama yang dianutnya
**) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran
***) Mulok wajib sesuai Peraturan Gubernur DIY Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Mata Pelajaran
Bahasa Jawa sebagai Mata Pelajaran Wajib
- Pengorganisasian Pembelajaran SD Negeri Ciora Fase C Kelas V dan VI
Alokasi waktu pembelajaran kelas V selama satu tahun ajaran adalah 1.368 jam pelajaran dengan rincian 1.116 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 252 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila. Selama 1 tahun terdapat 36 minggu efektif. Alokasi waktu setiap minggu adalah 31 jam pelajaran untuk intrakurikuler dan 7 jam pelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila

Keterangan:
*) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran sesuai dengan agama yang dianutnya
**) Peserta didik memilih 1 mata pelajaran
***) Mulok wajib sesuai Peraturan Gubernur DIY Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Mata Pelajaran Bahasa Jawa sebagai Mata Pelajaran Wajib
Berdasarkan kondisi riil peserta didik SD Negeri Ciora yaitu terdiri dari penganut agama Islam, maka sekolah menyediakan pemenuhan pendidik Pendidikan Agama dan Budi Pekerti sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Guna memberikan pelayanan sesuai minat peserta didik dalam mata pelajaran Seni dan Budaya, maka SD Negeri Ciora menyediakan pilihan mata pelajaran Seni Musik, Seni Rupa, dan Seni Tari. Pembelajaran Seni dan Budaya dijadwalkan pada hari dan jam yang sama pada setiap tingkat kelas. Pendidik berkolaborasi untuk mengajar mata pelajaran Seni dan Budaya
- Jadwal Pelajaran
Pembelajaran intrakurikuler di SD N Ciora yang menggunakan pendekatan mata pelajaran yaitu setiap mata pelajaran memiliki alokasi waktu yang sama di SDN Ciora. Jadwal pembelajaran intrakurikuler dapat disampaikan sebagai berikut:

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Berdasar evaluasi pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila pada tahun ajaran sebelumnya, SD Ciora saat ini berada dalam tahap Berkembang. Sebagian besar pendidik telah terbiasa melaksanakan pembelajaran berbasis projek sehingga sekolah mampu memfasilitasi projek penguatan profil pelajar Pancasila lintas mata pelajaran. Sekolah telah memiliki sistem pendukung pembelajaran berbasis projek meliputi evaluasi berkala oleh Kepala Sekolah dan Tim Fasilitasi Projek, serta memberikan keleluasaan pada peserta didik untuk mengaktualisasikan diri sesuai dengan tema projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dipilih. Selain itu, sekolah juga melibatkan mitra dalam pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Sekolah juga menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila, meliputi ketersediaan sumber belajar dari perpustakaan sekolah serta jaringan internet dan perangkat komputer untuk mengakses sumber belajar.
Guna mewujudkan visi dan misi sekolah, mensukseskan Gerakan Nasional Revolusi Mental, serta penguatan pendidikan karakter, SD Negeri Ciora menetapkan fokus dimensi profil Pelajar Pancasila yang akan dikembangkan yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis, dan kreatif. Sekolah menyajikan pilihan tema yang relevan dengan fokus dimensi yang telah ditetapkan. Pendidik memfasilitasi pelaksanaan projek secara kolaboratif melalui kegiatan pendampingan dan evaluasi secara berkala.
Penyediaan tema pilihan didasarkan pada fokus dimensi yang akan dikembangkan, kondisi lingkungan sekolah, dan lingkungan peserta didik. Letak SD Negeri Ciora yang berada di lingkungan perkantoran, pasar, rumah sakit menjadikan banyaknya inspirasi sumber isu yang dapat diangkat dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila. SD Negeri Ciora menetapkan 5 tema untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila di tahun ajaran 2024/2025 yaitu “Gaya Hidup Berkelanjutan”, “Bhinneka Tunggal Ika”, “Bangunlah Jiwa Raganya”, “Kewirausahaan”, dan “Kearifan Lokal”. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang secarareguler, yaitu mengalokasikan pelaksanaan projek di hari Kamis dan Jumat setiap minggunya.
Satuan pendidikan menentukan pilihan tema untuk setiap kelas. Melalui forum diskusi pada saat IHT, pendidik melakukan penggalian topik-topik yang relevan pada setiap tema. Pilihan topik setiap tema dimaksudkan untuk memfasilitasi minat peserta didik dan diferensiasi produk projek. Peserta didik memilih 1 fokus topik yang diminati.
Alokasi waktu untuk pencapaian dimensi projek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas I sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:
| Projek Profil 1 | Projek Profil 2 | |
|---|---|---|
| Dimensi | Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bernalar Kritis, Kreatif | Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bernalar Kritis, Kreatif |
| Tema | Gaya Hidup Berkelanjutan | Kearifan Lokal |
| Alokasi Waktu | 126 JP (18 minggu) | 126 JP (18 minggu) |
Alokasi waktu untuk pencapaian dimensi projek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas II sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:
| Projek Profil 1 | Projek Profil 2 | |
|---|---|---|
| Dimensi | Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bernalar Kritis, Kreatif | Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bernalar Kritis, Kreatif |
| Tema | Gaya Hidup Berkelanjutan | Bhineka tunggal Ika |
| Alokasi Waktu | 126 JP (18 minggu) | 126 JP (18 minggu) |
Alokasi waktu untuk pencapaian dimensi projek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas III sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:
| Projek Profil 1 | Projek Profil 2 | |
|---|---|---|
| Dimensi | Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bernalar Kritis, Kreatif | Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bernalar Kritis, Kreatif |
| Tema | Gaya Hidup Berkelanjutan | Bhineka tunggal Ika |
| Alokasi Waktu | 126 JP (18 minggu) | 126 JP (18 minggu) |
Alokasi waktu untuk pencapaian dimensi projek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas IV sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:
| Projek Profil 1 | Projek Profil 2 | |
|---|---|---|
| Dimensi | Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bernalar Kritis, Kreatif | Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bernalar Kritis, Kreatif |
| Tema | Gaya Hidup Berkelanjutan | Bhineka tunggal Ika |
| Alokasi Waktu | 126 JP (18 minggu) | 126 JP (18 minggu) |
Alokasi waktu untuk pencapaian dimensi projek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas V sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:
| Projek Profil 1 | Projek Profil 2 | |
|---|---|---|
| Dimensi | Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bernalar Kritis, Kreatif | Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bernalar Kritis, Kreatif |
| Tema | Gaya Hidup Berkelanjutan | Bhineka tunggal Ika |
| Alokasi Waktu | 126 JP (18 minggu) | 126 JP (18 minggu) |
Alokasi waktu untuk pencapaian dimensi projek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas VI sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:
| Projek Profil 1 | Projek Profil 2 | |
|---|---|---|
| Dimensi | Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bernalar Kritis, Kreatif | Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bernalar Kritis, Kreatif |
| Tema | Gaya Hidup Berkelanjutan | Bhineka tunggal Ika |
| Alokasi Waktu | 126 JP (18 minggu) | 126 JP (18 minggu) |

Ekstrakurikuler
Pendidikan Kepramukaan
Model Blok
| Tujuan | Pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia peserta didik. |
| Materi | Pendidikan Kepramukaan; Pendidikan Karakter; Pengenalan Lingkungan Sekolah; Materi Pelajaran |
| Sifat | Wajib |
| Peserta | Peserta didik kelas I-VI |
| Pelaksanaan | 1 kali per tahun |
Model Aktualisasi
| Tujuan | Penguatan sikap, penguasaan materi, dan keterampilan yang berkaitan dengan materi pembelajaran intrakurikuler |
| Materi | Materi pelajaran |
| Sifat | Wajib |
| Peserta | Peserta didik kelas I-VI |
| Pelaksanaan | Rutin 2 JP per minggu |
Model Reguler
| Tujuan | Pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai nilai kepramukaan |
| Materi | Pendidikan Kepramukaan; Pendidikan Karakter; Keterampilan Kepramukaan |
| Sifat | Pilihan |
| Peserta | Peserta didik kelas I-VI |
| Pelaksanaan | Rutin 2 JP per minggu |
Keterangan:
Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Menengah
Keagamaan
Baca Tulis Al’Quran dan Tahfidz
| Tujuan | Peserta didik mampu membaca, menulis, dan mengimplementasikan Al’Quran dalam kegiatan ibadah sehari-hari |
| Materi | Membaca dan Menulis Iqro’ dan AlQuran, Kaligrafi, Menghafal Surat Pendek dan Doa Harian, Praktik Ibadah (Wudu dan Salat) |
| Sifat | Wajib |
| Peserta | Peserta didik kelas I-VI yang beragama Islam |
| Pelaksanaan | Rutin per minggu |
Pleton Inti (Tonti)
| Tujuan | Peserta didik memiliki sikap disiplin serta kepribadian kuat |
| Materi | Baris berbaris, pengembangan sikap disiplin dan kepribadian |
| Sifat | Pilihan |
| Peserta | Peserta didik kelas IV-VI |
| Pelaksanaan | Rutin per minggu |
Klub Olahraga (SPORT Club)
| Tujuan | Peserta didik memiliki kebugaran jasmani, sportifitas, dan kecakapan hidup serta berprestasi olahraga |
| Materi | Atletik, tenis lapangan, tenis meja, bola volly, bridge, renang, pencak silat, catur, dan karate |
| Sifat | Pilihan |
| Peserta | Peserta didik kelas I-VI |
| Pelaksanaan | Rutin per minggu |
English Club
| Tujuan | Peserta didik memahami tata bahasa Bahasa Inggris secara aktif dan berkomunikasi secara aktif |
| Materi | Perkenalan diri sendiri, dialog, pidato/presentasi, menulis, membaca, dan mendengarkan |
| Sifat | Pilihan |
| Peserta | Peserta didik kelas I-VI |
| Pelaksanaan | Rutin per minggu |
Olimpiade Matematika
| Tujuan | Peserta didik mampu menguasai konsep Matematika |
| Materi | Konsep Matematika, Pemahaman dan strategi pemecahan masalah Matematika, Keterampilan pengerjaan soal olimpiade Matematika |
| Sifat | Pilihan |
| Peserta | Peserta didik kelas I-VI |
| Pelaksanaan | Rutin per minggu |
Olimpiade IPA
| Tujuan | Peserta didik mampu menguasai konsep IPA |
| Materi | Konsep IPA, Pemahaman dan strategi pemecahan masalah IPA, Keterampilan pengerjaan soal olimpiade IPA |
| Sifat | Pilihan |
| Peserta | Peserta didik kelas I-VI |
| Pelaksanaan | Rutin per minggu |
Dokter Kecil, dan UKS
| Tujuan | Meningkatkan pengetahuan dan membentuk perilaku warga sekolah yang sehat |
| Materi | Pendidikan Kesehatan , Pengukuran tinggi dan berat badan, P3K, Penyuluhan Kebersihan Lingkungan |
| Sifat | Pilihan |
| Peserta | Peserta didik kelas I-VI |
| Pelaksanaan | Rutin per minggu |
Literasi
| Tujuan | Peserta didik menguasai kemampuan literasi dasar dan menghasilkan karya literasi |
| Materi | Cerita pendek, puisi, dan cerita bergambar |
| Sifat | Pilihan |
| Peserta | Peserta didik kelas I-VI |
| Pelaksanaan | Rutin per minggu |

