
VISI
“Terwujudnya Peserta didik yang Berakhlak Mulia, Berkarakter, Cerdas dan Berwawasan Global”
Indikator Capaian Visi Sekolah

Taat beribadah sesuai dengan agama yang dianut
Menggambarkan sejauh mana peserta didik menjalankan praktik keagamaan secara konsisten dan sungguh-sungguh sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya. Peserta didik dilatih untuk konsistensi dalam beribadah, kepatuhan terhadap ajaran agama: Mematuhi hukum, aturan, dan ajaran yang diajarkan oleh agama yang dianut, termasuk dalam hal moral dan etika, terlibatan dalam kegiatan keagamaan, pengamalan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang ajaran agama, dan keteladanan dalam beribadah
Berperilaku terpuji baik di keluarga, sekolah, dan masyarakat
Peserta didik menunjukkan sikap sopan santun, selalu berkata jujur, menunjukkan rasa peduli, bertanggung jawab, mampu bekerja sama dengan orang lain, disiplin, rendah hati, bersikap adil, berempati di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat
Unggul dalam pencapaian prestasi akademik dan non-akademik tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional
Menggambarkan prestasi peserta didik yang menunjukkan keunggulan dan kompetensi di berbagai bidang serta mampu meraih berbagai penghargaan dalam setiap partisipasinya
MISI
“Misi SD Negeri Ciora adalah representasi dari elemen visi sekolah dan profil pelajar Pancasila”
Tertib beribadah, kajian keagamaan rutin, dan 5S
Misi ini representasi dari elemen visi “Akhlak Mulia” dan selaras dengan dimensi profil pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia”
Peduli, empati, nasionalisme, patriotisme, dan bangga atas budaya lokal
Misi ini representasi dari visi “Akhlak Mulia” dan selaras dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia”, “mandiri”, dan “Bergotong royong”
Pembelajaran dengan pengalaman lintas budaya nasional dan internasional
Misi ini representasi dari visi “Akhlak Mulia” dan selaras dengan dimensi profil pelajar Pancasila “mandiri”

Mengembangkan potensi dan memfasilitasi prestasi
Misi ini representasi dari visi “Berwawasan Global” dan selaras dengan dimensi profil pelajar Pancasila “mandiri”, “Bernalar Kritis”, dan “Kreatif”
Pembelajaran berbasis HOTS, 4C, dan 6LD
Misi ini representasi dari visi “Berprestasi” dan “Cakap Berteknologi” serta selaras dengan dimensi profil pelajar Pancasila “Mandiri”, “Bernalar Kritis”, dan “Kreatif”
Memfasilitasi pencapaian pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler, serta P5
Misi ini representasi dari visi “Berprestasi” dan selaras dengan dimensi profil pelajar Pancasila “Mandiri”, “Bernalar Kritis”, dan “Kreatif”
TUJUAN
“Tujuan akhir yang diharapkan oleh SD Negeri Ciora dalam pelaksanaan program-program sekolah untuk mewujudkan visi sekolah”

2022 – 2028
Tujuan
Jangka
Panjang
- Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia dalam hal tertib beribadah, 5S (Senyum, Sapa, Salam, Santun dan Sopan), dan empati
- Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi sesuai minat dan bakat yang dimiliki
- Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, kreatif, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya
- Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial)
- Terciptanya karakter toleransi melalui pengalaman lintas budaya dalam pembelajaran lintas kelas (cross teaching)
- Tercapainya prestasi sesuai minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan kompetisi
- Berkembangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi, Critical Thinking, Collaboration, Creativity, Communication (4C), kemampuan literasi dasar melalui kegiatan intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, ekstrakurikuler, dan pembiasaan literasi yang direncanakan dan dievaluasi secara berkala.
2022 – 2025
Tujuan
Jangka
Menengah
2024 – 2025
Tujuan
Jangka
Pendek
- Terwujudnya peserta didik yang berakhlak mulia melalui pelaksanaan budaya tertib beribadah, berdoa, dan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Santun dan Sopan)
- Tumbuhnya sikap nasionalisme, patriotisme, dan bangga atas budaya lokal melalui kegiatan upacara, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lagu wajib nasional dan lagu daerah, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, serta ekstrakurikuler
- Tumbuhnya sikap empati melalui kegiatan sosial (infaq dan persembahan)
- Terpenuhinya kebutuhan belajar yang sesuai bagi setiap peserta didik melalui asesmen diagnostik (bagi yang membutuhkan) dan pembelajaran berdiferensiasi
- Berkembangnya minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler
- Meningkatnya kualitas pembelajaran melalui pembelajaran berbasis aktivitas, tutor sebaya, dan kerja sama dengan orang tua
- Meningkatnya kemampuan peserta didik dalam mengoperasikan perangkat komputer untuk mendukung pembelajaran dan asesmen.